Kamis, 05 April 2018

Tutorial Setting Kamera DSLR Malam Hari


Apakah kamera DSLR anda hanya dapat memotret pada siang hari saja? Ini bisa menjadi sangat membosankan hanya untuk menunggu matahari memancarkan sinarnya. Saat anda berhenti untuk memotret ketika matahari telah tenggelam, itu berarti anda kehilangan momen dan kesempatan untuk mendapatkan hasil gambar terbaik. Pemotretan pada malam hari bisa menjadi salah satu hal yang paling mengesankan bagi anda untuk memotret dengan genre yang berbeda. Kamera DSLR anda dapat memotret lebih banyak gambar yang menarik pada malam hari, tapi anda juga berperan penting dalam hal ini. Jika anda menentukan satu bagian dalam gambar dan memotret dengan melakukan pendekatan pada subjek ketika cahaya kurang, anda akan mendapatkan gambar atau foto yang buram dimana atmosfer pada tampilan foto tersebut telah hilang. Tapi, anda tidak perlu khawatir untuk memotret saat gelap. Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan yang selalu muncul tentang bagaimana cara pengaturan kamera DSLR untuk memotret di malam hari.

PILIHLAH APERTURE YANG TEPAT
Saat mengatur kamera anda untuk memotret di malam hari, hal ini sangatlah penting untuk menjaga kamera tetap dalam keadaan stabil. Saat cahaya redup, shutter speed yang lebih cepat akan sulit di capai. Dalam beberapa situasi, seperti saat pencahayaan lebih, hal ini perlu dilakukan yaitu memegang kamera ditangan anda, tapi pada saat malam hari, anda membutuhkan sebuah benda untuk menaruh kamera tersebut disitu. Pilihan terbaik yaitu menggunakan tripod, yang dapat menjaga kinerja kamera DSLR anda, meskipun dengan shutter speed yang lambat.


MODE FOKUS
Pengaturan ini tergantung pada apakah anda menggunakan fokus manual atau lensa auto-fokus. Jika anda menggunakan lensa auto-fokus, anda sebaiknya menggunakan modus single auto-focus  daripada modus continuous auto-focus, karena modus ini menetap pada satu fokus, yang berguna untuk subjek yang bergerak cepat, seperti subjek pada balapan motor sports. Modus ini juga menghabiskan baterai lebih cepat dan secara terus-menerus berfokus pada kondisi kurang cahaya, yang secara umum terjadi pada pemotretan malam hari. Ketika sistem auto-fokus telah berfokus ke arah subjek, anda harus segera mengalihkannya pada modus fokus manual, jadi lensa tidak melanjutkan untuk membidik atau menyesuaikan fokusnya lagi ketika anda memencet tombol Shutter.

STABILISASI GAMBAR
Jika anda ingin memotret banyak subjek di malam hari, dengan sebuah tripod atau alat penstabil kamera lainnya, anda harus menyalakan beberapa pilihan stabilisasi gambar. Bergantung pada sistem kamera yang anda gunakan, anda dapat mengalihkannya pada lensa atau bagian menu pada kamera tersebut. Mengaktifkan stabilisasi gambar, ketika kamera berada diatas tripod dapat meningkatkan kualitas gambar.

PENGATURAN ISO
Anda ingin secara manual untuk mengatur nilai ISO serendah mungkin dan tidak menggunakan auto-ISO. Dengan menggunakan kamera anda sesuai pengaturan ISO, yang secara umum berkisar pada ISO 100, anda akan menimimalisir kebisingan pada foto anda. Tapi, tidak selamanya hal tersebut memungkinkan. Di beberapa situasi anda harus meningkatkan nilai ISO pada kamera anda.

PENGATURAN SHUTTER
Kebanyakan pemotretan di malam hari menggunakan kecepatan Shutter antara satu hingga sepuluh menit dan sebagian besar kamera memungkinkan anda untuk mengatur shutter speed hingga pada durasi 30 detik. Jika anda menginginkan shutter speed yang lebih cepat dari yang telah ditentukan tersebut, anda harus mengatur kamera pada posisi “lampu pijar”  dan gunakanlah kabel penyambung atau remote pengontrol untuk menjaga shutter tetap terbuka pada waktu yang lama. Jika anda tidak memiliki kabel atau remote, anda dapat menggunakan fungsi self-timer untuk menghindari sentuhan pada kamera selama pencahayaan.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com